Rabu, 13 Maret 2013

Salah kaprah mengenai manajemen proyek

1. Bukan sekedar "scheduling"

Banyak yang menganggap project management adalah pengaturan urutan-urutan pelaksanaan proyek. Memang kecepatan dan ketepatan penyelesaian proyek adalah salah satu point plus dari kesuksesan project manager dan timnya. Salah kaprah ini semakin didorong dengan penggunaan software scheduling semacam Microsoft Project yang sangat populer di kalangan project manager ataupun project control. Tujuan inti pelaksanaan proyek adalah menyelesaikan masalah tanpa meninggalkan masalah. Project management berkaitan pula dengan cara pelaksanaan yang aman, penggunaan biaya dan sumber daya yang terukur, kualitas yang dapat diterima dan terjamin, laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan yang kredibel.

2. "One man show" project

Apakah bisa suatu pekerjaan yang dikerjakan satu orang disebut project manajemen. Kita tahu secara definisi dapat dikatakan proyek jika memiliki sifat berikut : punya waktu kapan dimulai dan rencana penyelesaian yang tertentu, punya tujuan dan lingkup kerja yang spesifik dan tidak berulang, maka pekerjaan tersebut bisa disebut proyek. Akan tetapi ketika seseorang hanya menyelesaikan proyeknya sendiri tersebut dia tidak perlu punya jalur kritis, bahkan mungkin semua adalah jalur kritis disebabkan semua harus dikerjakan satu-persatu tidak mungkin dia bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan secara bersamaan, kecuali seseorang bertangan "sepuluh". Konsep manajemen proyek yang umum adalah bagaimana berbagi tugas dan kemudian mensinergikan tugas-tugas tersebut untuk menyelesaikan satu proyek.

3. Tugas seorang project manager

Ada semacam pandangan bahwa project manager adalah "all know", sehingga seseorang yang dalam posisi itu harus tahu segalanya tentang proyek dan masalahnya. Mungkin dalam proyek kecil, seseorang pimpinan masih bisa mengawasi seluruh pekerjaan anak buahnya dan terjun langsung menyelesaikan setiap masalah, tapi dalam organisasi yang besar (tentu dengan proyek yang besar) akan diperlukan suatu sistem atau tata cara mengenai delegasi tugas dan pemeringkatan tanggung jawab. Jadi apa seharusnya apa dan bagaimana tugas project manager itu? mohon pencerahan dari pembaca sekalian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar